Categories
Uncategorized

Tips Mencegah terjadinya jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya di tandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung dan dada.

PENYEBAB TERJADINYA JERAWAT

  • Produksi sebum berlebih Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.
  • Sumbatan pada folikel rambut Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri ➪ Jenis bakteri Propionibacterium acnesbisa berkembang dan menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.
  • Hormon ➪ Aktivitas hormon androgen berlebih dapat menyebabkan jerawat.

PENCEGAHAN JERAWAT

  • Cuci muka dua kali sehari dengan pembersih wajah bebas minyak
  • Hindari produk kosmetik yang mengandung minyak.
  • Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat.
  • Bersihkan rias wajah sebelum tidur.
  • Selalu mandi setelah beraktivitas.
  • Kelola stres dengan baik.

 DUKUNGAN DENGAN POLA HIDUP SEHAT

Mengonsumsi makanan sehat Batasi konsumsi makanan berminyak, junk food, produk susu, dan makanan yang tinggi gula, karena makanan-makanan tersebut kemungkinan dapat memicu munculnya jerawat. Disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian, karena ini merupakan makanan yang baik untuk kesehatan kulit.

Olahraga secara rutin Olahraga menjadi salah satu cara mencegah jerawat. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka sirkulasi darah dan suplai oksigen ke kulit dapat berjalan lebih lancar. Olahraga juga dapat mengontrol keseimbangan hormon tubuh, sehingga munculnya jerawat bisa diminimalkan. Namun, jangan lupa membersihkan wajah setelahnya.

Hindari stress Beberapa studi mengaitkan stres sebagai penyebab dan memperparah kondisi jerawat. Jika Anda sedang mengalami stres, coba cari solusi terbaik untuk mengatasi stres. Mulai dari bercerita kepada orang terdekat, melakukan olahraga yoga, pergi berlibur, atau melakukan meditasi.

Perbanyak konsumsi air putih Memastikan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik merupakan cara mencegah jerawat lainnya. Agar tubuh tetap terhidrasi, disarankan untuk mengonsumsi  8 gelas air putih setiap hari. Cara mencegah jerawat tersebut bisa berhasil, jika Anda sabar dan konsisten dalam menjalaninya. Tetapi jika jerawat tetap muncul, jangan berkecil hati. Kini banyak obat jerawat yang terbukti bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah jerawat. Konsultasi ke dokter kulitagar dapat diberikan perawatan jerawat yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *