Categories
Uncategorized

Bagaimana meredakan sakit kepala ?

Apa itu sakit kepala ??

Sakit kepala adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala,  kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan.

Faktor penyebab sakit kepala

  • Sakit kepala karena tegang
  • Sakit kepala migren
  • Sakit kepala alergi
  • Sakit kepala dengan beragam gejala
  • Sakit kepala sinus

Bagaimana meredakan sakit kepala

  1. Pastikan makan dan minum cukup

Jika kamu kekurangan minum atau melewatkan makan dalam beberapa hari terakhir, cobalah untuk makan sedikit atau minum segelas air untuk meredakan sakit kepalamu lalu lihatlah efeknya.

2. Duduk ditempat gelap

Jika kamu pernah mengalami sakit kepala, terutama migrain, cahaya dan suara bisa menjadi pemicunya. Untuk mendapatkan pemulihan yang segera, salah satu cara terbaik adalah pergi ke tempat gelap dan sesepi mungkin untuk sementara waktu.

3. Cukup istirahat

Istirahat cukup tak hanya berbaring ketika sakit kepala datang. Stres juga bisa membuat kepala menegang, artinya kita mungkin memerlukan tidur yang cukup.

4.  Cari obat yang efektif
Terkadang, kamu perlu mencoba menggunakan lagi obat-obatan klasik dan antinyeri seperti asetaminofen, aspirin atau ibuprofen.

5. Es Batu

cukup usapkan dengan gerakan menurun dari atas kepala hingga garis rambut, kemudian ke dua sisi telinga. Sebab, pembuluh darah daerah tersebut dekat dengan permukaan. Sakit kepala yang berasal dari leher seringkali dirasakan pada bagian bawah tengkorak, maka cobalah terapi menggunakan es batu di bagian leher lalu usapkan dari atas ke bawah leher.

6. Gunakan bantal hangat

Jika tidak memilikinya, cobalah mandi air panas karena efek serupa bisa pula dirasakan.

7. Konsumsi jahe

Jahe juga bisa meredakan rasa mual yang biasanya muncul bersamaan dengan migrain atau sakit kepala lainnya.

8. Suplemen

Suplemen seperti magnesium dan vitamin B12 bisa pula membantu meredakan sakit kepala. Namun, penting untuk mengkonsultasikannya kepada dokter terlebih dahulu.

9. Istirahat dari layar

Menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar komputer atau ponsel seringkali juga menyebabkan sakit kepala. Pastikan kamu memiliki waktu istirahat dari layar, menghindari mata tegang dan pergi ke luar ruangan untuk menghirup udara segar.

10. Relaksasi

Jika Anda biasa bermeditasi, Anda bisa menggunakan teknik meditasi untuk meredakan sakit kepala Anda. Pejamkan mata, atur napas Anda. Bayangkan Anda sedang berada di tempat favorit Anda yang nyaman dan sakit kepala Anda berangsur-angsur menghilang.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *