Categories
Uncategorized

Asupan Gizi yang baik untuk anak

Kesehatan dan gizi sangat berhubungan. Menyiapkan asupan gizi untuk anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh orangtua. Karena asupan gizi yang diterima anak akan mempengaruhi proses tumbuh kembang mereka di usia dewasa kelak.

Manfaat Asupan Gizi 

  • Menjaga dan Memelihara Kesehatan

Gizi sangat berkaitan erat dengan kesehatan dan peningkatan kualitas hidup. Gizi yang baik bisa membantu mengoptimalkan fungsi tubuh, mencegah serta membantu penanganan penyakit.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh anak terbentuk dari asupan gizi yang diterimanya sejak dini. Nutrisi ini diperlukan untuk membentuk sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan berbagai virus dan penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Dengan demikian, anak menjadi tidak mudah sakit dan terjaga kesehatannya.

  • Sumber Energi

Untuk beraktivitas, bergerak, dan berpikir, tubuh membutuhkan energi yang mencukupi. Energi tersebut didapatkan dari gizi yang dikonsumsi sehari-hari

Membiasakan pola makan sehat 

  1. Kenalkan dengan berbagai macam makanan sehat.
  2. Biasakan sarapan pagi dan beri makanan bekal saat ke sekolah.
  3. Hindari kegemaran terhadap satu jenis makanan.
  4. Jika anak susah makan, ibu harus bersabar. Hindari memberikan susu atau makanan kegemaran.

Nutrisi yang baik untuk anak 

  1. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi untuk anak yang penting untuk didapatkan tubuh. Kalsium berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Anda dapat memberikan kalsium pada anak dengan memberikannya susu, ikan dan keju.

  1. Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial ternyata memiliki segudang manfaat bagi anak. Nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi

  1. Zat Besi

Zat besi merupakan unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin (pigmen merah pembawa oksigen dalam darah) dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan anak terkena anemia. Jika si kecil mengalami kondisi ini, maka anak akan cenderung merasa lelah, lemas, dan mudah tersinggung. Berikan nutrisi penting untuk anak ini lewat makanan kaya zat besi seperti daging, kuning telur, dan ikan.

  1. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Beberapa manfaat magnesium bagi kesehatan yaitu menjaga tulang agar tetap kuat, membuat irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga otot dan fungsi saraf. Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk anak ini lewat asupan seperti buah-buahan (alpukat dan pisang), tahu, ikan dan sayuran.

  1. Kalium

Kalium adalah zat gizi yang bertugas untuk menjaga tekanan darah dengan mengontrol keseimbangan air dalam tubuh. Tidak hanya itu, kalium juga membantu fungsi otot dan irama jantung, dan dalam jangka panjang dapat mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis. Berikan anak Anda makanan pisang, tomat, dan susu untuk mendapatkan asupan kalium yang cukup di tubuhnya.

  1. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu nutrisi untuk anak dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin ini dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi, serta menunjang kesehatan dan pertumbuhan sel-sel serta jaringan dalam tubuh, seperti rambut, kuku, dan kulit. Anda bisa menyediakan vitamin A  pada anak lewat sumber makanan seperti daging sapi, hati ayam, susu dan buah-buahan berwarna cerah.

  1. Vitamin C

Di dalam tubuh vitamin C digunakan untuk proses pembentukan dan perbaikan sel darah merah, tulang, dan jaringan di tubuh mereka. Vitamin C juga menjaga gusi anak tetap sehat dan membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi, serta membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Orangtua wajib memberi nutrisi untuk anak ini dan bisa didapatkan lewat buah pepaya, nanas, dan melon.

  1. Vitamin D

Asupan vitamin D juga tidak kalah penting dengan nutrisi lainnya. Vitamin ini dapat membantu tubuh anak menyerap mineral seperti kalsium, untuk pembentukan gigi dan tulang yang kuat, sebab perkembangan massa tulang pada anak harus sangat diperhatikan. Anda bisa memberikan nutrisi vitamin D untuk anak melalui asupan makanan seperti telur, tahu, tempe dan daging ikan.

  1. Vitamin E

Pada masa pertumbuhan anak, vitamin E diperlukan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan proses metabolisme lainnya. Dengan mengonsumsi makanan seperti bayam. biji-bijian dan buah alpukat, Anda turut memberikan asupan vitamin E yang baik untuk tubuh anak.

  1. Zink (Seng)

zink atau seng adalah nutrisi untuk anak yang penting untuk dipenuhi. Lebih dari 70 enzim dalam tubuh membutuhkan zink (seng) untuk menjalankan fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan, metabolisme, dan pertumbuhan anak. Nutrisi ini bisa Anda temukan pada makanan seperti brokoli, bayam dan tomat

 

Selamat Mencoba ibu ibu 🙂

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *